Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Kings Of Fruits "Durian" 1

Mengenal Lebih Dekat Kings Of Fruits "Durian" 1

Mengenal Lebih Dekat Kings Of Fruits "Durian" 1



Siapa yang tidak kenal durian, buah berbentuk lonjong, bulat, beraroma sedap menyengat ini. Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Apakah anda termasuk yang menyukai atau orang yang muak dengan aromanya?

Pada pembahasan kita kali ini kita akan mengenal nama-nama durian di berbagai wilayah dan wilayah penyebaran durian.

Nama Durian


Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. nama binominal durian adalah Durio zibethinus.

Jenis durian banyak di temukan di kawasan Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus.(wikipedia)

Untuk daerah Indonesia Sendiri terdapat beberapa nama local yang mungkin sebagian orang tidak mengetahuinya. Nama terbanyak ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pada berbagai varietas dan spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera dikenal sebagai durian dan duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, sementara orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa disebut sebagai Doriang. Di Pulau Seram bagian timur disebut rulen.

Pusat Penyebaran


Pusat keanekaragaman durian adalah Pulau Kalimantan. Daerah-daerah sekitarnya juga memilki beberapa plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, dan Semenanjung Malaya meskipun tidak semelimpah Kalimantan.

akan tetapi, pengekspor utama durian adalah Thailand, yang mampu mengembangkan kultivar dengan mutu tinggi dan sistem budidaya yang baik. Tempat lain yang membudidayakan durian dengan orientasi ekspor adalah Mindanao di Filipina, Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, dan Sri Lanka.

Di Filipina, pusat penghasil durian adalah di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawan merupakan perayaan tahunan untuk durian di Davao City.






Komentar